Nikmati Suasana Liburan di Luar Negeri dengan Berkunjung ke Taman Bunga Puncak

on in

Puncak menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun sering terjadi kemacetan selama perjalanan menuju daerah Puncak, namun tidak menyurutkan minat pengunjung yang akan datang ke kawasan ini.

Tempat wisata yang menjadi primadona di kawasan ini adalah wisata tamannya. Salah satu tempat wisata yang perlu dikunjungi adalah Taman Bunga Puncak. Wisata taman bunga ini dapat menjadi pilihan untuk berlibur di Puncak bersama keluarga.

Banyak jenis wisata taman yang ada di kawasan Puncak, salah satunya adalah taman bunga yang bernama Taman Bunga Nasional.

Sekilas Tentang Taman Bunga Puncak

Sebenarnya terdapat banyak taman yang menjadi wisata di kawasan Puncak seperti Taman Safari, Taman Matahari, bahkan Kebun Teh. Namun, Taman Bunga Puncak juga tak kalah memiliki pesona dengan tempat wisata lainnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati hari libur dengan mengajak anak-anak, sangat cocok untuk berkunjung ke tempat ini karena dapat berwisata sambil belajar mengenal bunga dari berbagai negara di dunia.

Taman Bunga Nusantara merupakan taman bunga yang pertama di Indonesia dengan menghadirkan berbagai jenis bunga dari nusantara bahkan mancanegara. Berbagai tanaman bunga yang berada di sini tidak hanya terkenal saja tetapi juga unik.

Taman Bunga Puncak ini mulai dibangun pada tahun 1992 yang diprakarsai oleh Ibu Suhardani Bustanil Arifin sebagai Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara. Taman bunga ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 September 1995.

Tujuan pembangunan ini adalah untuk menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai wisata agro nasional dan berskala internasional.

Taman bunga seluas kurang lebih 35 Ha ini dapat menjadi pilihan liburan dengan nuansa seperti di luar negeri. Mengapa bisa disebut seperti itu? Karena ratusan bunga yang tersedia di sini tak hanya berasal dari dalam negeri namun juga berasal dari luar negeri seperti Amerika Selatan, Asia, Afrika dan Australia.

Taman-tamannya pun didesain menyerupai taman di daerah tertentu di luar negeri. Taman Bunga Puncak ini berlokasi di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

Anda dapat menuju ke tempat wisata ini dengan menempuh perjalanan dari Jakarta dan exit dari Tol Jagorawi. Sebaiknya Anda sudah keluar dari Tol Jagorawi maksimal pukul 08.00 pagi. Pada hari normal, perjalanan dapat ditempuh selama 2 jam 30 menit, sedangkan untuk normal weekend perjalanan sekitar 3 jam.

Berbagai Jenis Taman Bernuansa Luar Negeri di Taman Bunga Puncak

Taman-Bunga-Puncak

Taman Bunga Nusantara sebagai Taman Bunga Puncak beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB pada hari Senin-Jum’at. Sementara hari Sabtu-Minggu dan Libur Nasional dibuka pukul 08.00-17.30 WIB.

Harga tiket masuk ke taman bunga ini cukup terjangkau yaitu Rp 40.000 untuk usia 4 tahun ke atas. Selain itu, terdapat tiket lain yang dapat Anda bayar untuk menikmati wahana dan fasilitas lain di antaranya Tiket Dotto Trains Rp 50.000, Tiket Garden Tram Rp 50.000, Tiket Wira-wiri Rp 5.000, Tiket Rumah Rp 5.000, Parkir Motor Rp 10.000, Parkir Mobil 15.000, Parkir Bus Rp 25.000 dan minibus Rp 20.000.

Harga tersebut bisa saja berubah dan Anda juga bisa mendapatkan diskon untuk anak sekolah dan rombongan.

Taman Bunga Puncak ini terdiri dari beberapa lokasi atau spot menarik lagi di dalamnya, yaitu sebagai berikut

1. Taman Air

Sesuai namanya, salah satu spot di Taman Bunga ini memiliki kolam yang dijadikan sebagai tempat tumbuh bagi bunga jenis tertentu. Terdapat berbagai bunga dari belahan dunia yang dikembangkan di taman ini, salah satunya adalah teratai raksasa dari Amerika Selatan.

2. Taman Mawar

Berbagai jenis bunga mawar dari berbagai daerah di dalam negeri maupun luar negeri hadir melalui Taman Mawar ini. Anda dapat merasakan keharuman sekaligus keindahan bunga mawar di taman ini

3. Taman Perancis

Anda dapat menikmati sasana berlibur di Perancis dengan adanya berbagai macam bunga yang tertata rapi dengan warna-warni sebagai unsur keindahannya. Taman di desain dengan gaya Renaissance dengan berbagai bentuk geometrisnya yang dapat dilihat secara lebih jelas melalui Menara Pandang.

4. Taman Rahasia/Labyrinth

Anda dapat mencoba pergi ke Taman Rahasia atau yang dikenal dengan Maze Garden ini untuk menelusuri labirin dengan konsep Renaissance ini. Terdapat peta yang dapat Anda beli seharga Rp 1.000 untuk menemukan jalan keluar dari labirin ini. Jadi jangan takut tersesat ya!

5. Taman Bali

Anda akan menemukan Bali di Taman Bunga melalui Taman Bali yang khas dengan bunga kamboja, bunga sepatu, dan tanaman tropis lainnya. Selain itu, bangunan Candi Bentar, gapura khas Bali, Bale Bengong, juga dihadirkan di Taman Bali ini.

6. Taman Mediterania

Kawasan luar negeri yang dapat Anda rasakan lainnya adalah Taman Mediterania. Taman ini menghadirkan nuansa seperti di kawasan Mediterania dengan adanya hamparan pasir putih yang luas, bebatuan serta tanaman khas yaitu kaktus dan yucca.

7. Taman Palem

Taman Palem menghadirkan sekitar 2.800 jenis pohon palem unik dari berbagai daerah, bahkan mancanegara seperti dari Madagascar, Afrika. Terdapat pula Palem raksasa yang berasal dari Kuba dan menghadirkan pemandangan yang tak kalah cantik.

8. Taman Gaya Jepang

Ciri khas dari Taman Jepang ini adalah suasananya yang begitu tenang dan damai. Selain itu, terdapat kolam air, pagoda, dan gazebo yang semakin membuat Anda merasa di Jepang bukan? Tanaman-tanaman seperti bonsai tertata rapi serta desain yang sederhana dengan unsur kayu dan bebatuan yang menambah kesan sunyi.

9. Rumah Kaca

Salah satu yang unik dari Taman Bunga Puncak adalah Rumah kaca. Rumah Kaca atau Green House seluas 2.000  dan 3.000 panel kaca ini berisi berbagai bunga yang tidak bisa bertoleransi atau beradaptasi dengan iklim ekstrem seperti air hujan yang deras dan panas matahari yang sangat terik.

Rumah kaca ini dapat dimasuki dengan membayar tiket yang sangat murah yaitu Rp 2.000 saja. Rumah kaca memiliki sistem pengaturan suhu, kelembapan, dan intensitas cahaya secara otomatis maupun manual sesuai kebutuhan.

1. Display Karpet

Berupa kumpulan bunga dengan warna warni dan ditata sedemikian rupa yang membentuk menyerupai karpet apabila dilihat dari agak jauh atau tempat agak tinggi.

2. Maskot Taman Bunga Nusantara

Maskot ini berupa patung angsa berwarna hitam dengan ukuran yang sangat besar. Patung ini terletak gerbang utama saat akan memasuki taman bunga ini.

Selain berbagai spot tadi, masih terdapat tempat unik lain yang dapat Anda temui di taman bunga ini. Berbagai fasilitas pendukung seperti Dotto Trains, Garden Tram, Mobil Wira-Wiri juga hadir untuk memudahkan Anda ketika berkeliling taman.

Fasilitas lain seperti tempat makan dan tempat ibadah juga terdapat di tempat wisata Taman Bunga Puncak.

Tinggalkan komentar