Kuliner Sate Maranggi Puncak, Pilihan Tepat Mengisi Perut di Tengah Dinginnya Udara

on in

Jika berkunjung ke Jawa Barat, ada satu kuliner yang wajib Anda coba, yaitu sate maranggi. Sate Maranggi adalah makanan khas daerah Sunda yang merupakan sajian daging sapi atau kambing yang ditusuk dan dibakar di atas bara api.

Pada awalnya, sate maranggi sebenarnya berasal dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Akan tetapi Anda bisa dengan mudah menemukan sate maranggi di daerah lain di Jawa Barat salah satunya di Cianjur.

Sate maranggi ini banyak ditemukan di daerah Puncak, maka dari itu dikenal juga sebagai sate maranggi puncak. Sate maranggi ini banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah Jawa Barat, khususnya ketika berkunjung ke daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Konon, resep sate maranggi awalnya berasal dari para pendatang dari China. Di negara asalnya daging yang digunakan bukanlah daging sapi atau kambing, melainkan daging babi.

Setelah masuk ke Indonesia yaitu di daerah Jawa Barat resep ini diadaptasi dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat. Oleh karena itu digunakan daging sapi dan kambing sebagai penggantinya.

Asal usul ini bisa ditelusuri dari adanya kemiripan bumbu dan rasa antara sate maranggi yang ada di Jawa Barat dengan dendeng babi yang ada di dataran China.

Ini yang Membedakan Sate Maranggi Puncak dengan Sate Lainnya

Sate maranggi puncak menjadi salah satu kuliner wajib yang harus dicoba ketika menggunjungi daerah Puncak, Bogor. Dinginnya udara Puncak akan sangat pas jika ditemani dengan hangatnya sate maranggi yang baru dibakar dipadu dengan nasi panas dan sambal yang pedas.

Kelezatan sate maranggi puncak ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal utama yang membedakan sate maranggi dari sate lainnya adalah bumbu yang digunakan untuk merendam daging sebelum dibakar.

Sate maranggi dibumbui terlebih dahulu menggunakan aneka rempah-rempah yang membuat rasa sate ini sudah sangat sedap setelah dibakar walaupun tanpa menggunakan bumbu tambahan. Rasa dari sate maranggi ini lebih dominan manis dan gurih.

Daging sapi ataupun kambing pada sate maranggi juga sangat memiliki tekstur yang empuk dan mudah digigit. Kalau meminjam istilah jaman sekarang, menyantap sate maranggi ini benar-benar sebuah kenikmatan yang hakiki. Ciri khas lain dari sate maranggi ini adalah penyajiannya yang dilengkapi dengan sambal tomat pedas.

Masing-masing tempat makan memiliki cara tersendiri dalam menyajikan hidangan sate maranggi. Ada yang menyajikan sate maranggi lengkap dengan bumbu kacang atau bumbu kecap dan sambal tomat pedas.

Ada pula yang menyajikan sate maranggi yang hanya dibakar tanpa bumbu kacang ataupun kecap tambahan. Jangan khawatir, meskipun hanya dibakar tanpa bumbu, rasa sate maranggi sudah enak.

Warung Sate Maranggi Sari Asih, Sate Maranggi Puncak Favorit Warga Bogor

Sate-Maranggi-Sari-asih

Diantara banyaknya pedagang sate maranggi puncak di kawasan Puncak, Bogor, ada satu yang selalu terlihat ramai. Warung makan ini sudah memiliki pamor yang banyak menarik pengunjung karena kelezatannya.

Warung Makan Sari Asih ini menjadi favorit baik warga asli Bogor ataupun dari luar Bogor dan menjadi tujuan kuliner utama oleh pengunjung yang datang ke daerah Cianjur, Jawa Barat.

Anda bisa menemukan rumah makan sate maranggi puncak Sari Asih ini di daerah Pacet Beunying, Cipanas, Cianjur. Letak dari rumah makan ini tidak begitu jauh dari Istana Cipanas. Warung makan ini buka 24 jam dan selalu ramai pengunjung.

Jika Anda kelaparan tengah malam dan ingin menyantap sate maranggi Anda bisa langsung datang ke lokasi ini. Bangunan rumah makan ini terlihat sederhana dari luar akan tetapi masalah rasa jangan ditanya, kelezatan sate maranggi Sari Asih ini sudah terkenal hingga ke luar wilayah Bogor.

Seperti hal nya warung sate pada umumnya, hal pertama yang akan Anda temui ketika berkunjung ke tempat makan ini adalah adanya asap bakaran sate dengan aroma yang menggugah selera. Menu andalan utama dari warung sate maranggi puncak Sari Asih adalah sate marangginya.

Pengunjung warung makan ini memang sengaja datang untuk mencicipi lezatnya sate maranggi yang legendaris. Di tempat ini hanya ada 3 pilihan menu makanan yaitu sate maranggi dengan lemak, sate maranggi tanpa lemak dan ketan bakar.

Salah satu keunikan lain dari warung ini adalah Anda bisa menyantap sate maranggi dengan nasi hangat atau ketan bakar. Pilihan minumannya lebih beragam, Anda bisa memilih teh, jeruk, es kelapa, bandrek ataupun aneka jus untuk melengkapi acara makan Anda.

Menikmati sajian sate maranggi lengkap dengan nasi putih panas memang menjadi pilihan yang pas di tengah udara dingin di kawasan Puncak, Bogor.

Proses pemesanan dan penyajian di tempat makan ini juga masih sederhana. Sesampainya di meja Anda akan didatangi oleh pelayan untuk menanyakan pesanan.

Pesanan tersebut kemudian langsung diteriakkan ke bagian pengipas sate maranggi untuk disiapkan. Di warung makan Sari Asih sate maranggi yang disajikan bisa dilengkapi dengan bumbu oncom.

Inilah salah satu yang membedakan sate maranggi Sari Asih dengan sate maranggi di warung lainnya yang biasanya menggunakan sambal tomat. Harga yang ditawarkan di Warung Sate Maranggi Sari Asih ini tergolong tidak terlalu mahal. Harga yang harus Anda bayarkan masih sepadan dengan kelezatan rasa sate yang bisa Anda nikmati.

Resep Membuat Sate Maranggi Puncak ala Warung Sari Asih

Anda yang berada di luar wilayah Bogor mungkin akan sedikit kesulitan jika ingin menikmati hidangan ini, khususnya sate maranggi yang khas di Warung Sari Asih.

Daripada Anda hanya membayangkan nikmatnya sate maranggi Sari Asih ini, lebih baik Anda mencoba membuat sate maranggi ini sendiri di rumah. Bahan dan bumbu yang diperlukan tidaklah sulit ditemukan. Bahan utamanya bisa berupa daging sapi atau kambing, Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda.

Kunci dari kelezatan sate maranggi ada pada bumbu rendaman dagingnya. Bumbu-bumbu yang diperlukan untuk merendam daging ini diantaranya bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, ketumbar, lengkuas, gula merah, asam jawa dan kecap manis untuk menciptakan rasa manis dan gurih.

Semua bumbu tadi dihaluskan kemudian dicampurkan ke dalam potongan daging secara merata. Daging yang sudah diberi bumbu selanjutnya disimpan di lemari es selama setengah sampai 2 jam untuk membuat bumbu benar-benar meresap sempurna ke dalam daging.

Setelah direndam, potongan-potongan daging tadi bisa langsung ditusukkan ke tusukan sate dan dibakar hingga matang. Anda bisa melengkapi sate maranggi ala Warung Sari Asih ini dengan sambal oncom.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai sate maranggi puncak khas Jawa Barat. Menu ini bisa Anda coba sebagai tujuan wisata kuliner apabila mengunjungi daerah Puncak, Cianjur, Jawa Barat. Akan kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Jawa Barat tanpa mencicipi kuliner yang satu ini.

Tinggalkan komentar