Rasakan Sensasi Melayang di Ketinggian 1250 Meter dengan Wisata Paralayang Puncak

on in

Hal yang paling menyenangkan untuk mengisi liburan panjang ataupun weekend adalah dengan berwisata bersama keluarga ataupun sahabat. Banyak tempat wisata di Indonesia yang menjadi destinasi utama untuk berwisata setelah melalui rutinitas padat di kantor.

Bogor menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang menyediakan berbagai lokasi wisata menarik dan unik untuk dicoba. Wisata Paralayang Puncak merupakan pilihan wisata yang dijamin worth it untuk menikmati liburan.

Anda yang bosan dengan jenis wisata pada umumnya, dapat mencoba wisata ekstrem dan memacu adrenalin ini. Meskipun begitu, keamanan tetap menjadi prioritas utama dari penyedia jasa jenis wisata olahraga ini. Anda akan merasakan pengalaman menarik dengan mencoba paralayang di puncak.

Kenali Wisata Paralayang Puncak untuk An Unforgettable Holiday Anda

paralayang-puncak

Paralayang atau dalam bahasa Inggris juga dikenal sebagai paragliding merupakan jenis olahraga terbang dengan menggunakan perlengkapan berupa parasut dan peralatan utama lainnya yang menunjang untuk lepas landas.

Olahraga macam ini sudah semakin populer dan menjadi tujuan wisata orang yang menyukai jenis wisata untuk memacu adrenalin. Terbukti di Indonesia sendiri sudah ada induk organisasinya berupa PLGI (Persatuan Layang Gantung Indonesia) dan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Wisata olahraga ini dapat dilakukan di sebuah lereng gunung ataupun bukit guna lepas landas sebelum terbang. Salah satu tempat terkenal dan hits untuk melakukan paralayang adalah wisata Paralayang Puncak di Bogor.

Wisata jenis olahraga ini dapat dikatakan cukup ekstrem karena hanya bermodalkan kecepatan angin sebagai sumber utama untuk terbang melayang. Namun Anda yang ingin mencoba jenis wisata olahraga ini tidak perlu cemas karena keamanan pengunjung merupakan prioritasnya.

Selain itu, terdapat pemandu sebagai orang yang ahli di bidangnya untuk menemani Anda melayang di udara. Paralayang Puncak sesuai namanya berlokasi di kawasan puncak Bogor atau dikenal juga dengan paralayang Bukit Gantole Puncak.

Lokasi paralayang ini masih termasuk di kawasan agrowisata Gunung Mas. Alamat lengkapnya adalah Jl. Raya puncak KM.87, Gunung Mas, Bukit Gantole, Bogor dan berada tidak jauh dari Masjid At-Ta’awun.

Akses menuju lokasi paralayang memang rawan dengan macet karena masih berada di kawasan Puncak Bogor yang selalu ramai saat weekend atau libur panjang. Anda dapat berangkat menggunakan roda dua atau pagi sekali sebelum subuh untuk menghindari atau mengurangi risiko kemacetan.

Bagi Anda yang berangkat dari arah Bandung maka dapat mengambil rute Tol Cipularang dan exit di Tol Padalarang menuju arah Cianjur. Sampai di perempatan Cianjur dapat mengambil arah menuju Bogor dan teruskan hingga ke arah Puncak.

Sementara yang memulai arah dari Jakarta dapat menggunakan Tol Jagorawi dan keluar di pintu Tol Ciawi untuk menuju arah Puncak.

Sesampainya di Paralayang Puncak, Anda harus bersabar dan jangan terburu-buru untuk terbang, karena Anda dapat lepas landas jika kecepatan angin berada pada 0-20 km/jam.

Apabila lebih dari 20 km/jam maka petugas tidak akan menerbangkan pengunjung dan harus menunggu hingga kecepatan angin sesuai untuk lepas landas.

villa di puncak

Sponsored by : Tempat sewa villa di puncak yang terbaik

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Menikmati Paralayang Puncak?

Paket wisata paralayang dapat dinikmati dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 350.000 untuk tiap orang dan Rp 400.000 bagi wisatawan asing.

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan bahkan terdapat diskon tertentu bagi yang datang bersama rombongan untuk mencoba olahraga paralayang ini.

Selain itu, terdapat biaya tambahan untuk tiket sebesar Rp 13.000/ per-orang, sedangkan parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan parkir motor Rp 2.000. Cukup terjangkau bukan untuk menikmati liburan berkesan Anda?

Setelah memasuki lokasi, Anda dapat menuju tempat untuk registrasi jika ingin terbang menggunakan paralayang. Semua pengunjung yang ingin mencoba paralayang harus mengisi administrasi berupa formulir yang menerangkan bahwa segala risiko terbang merupakan tanggung jawab sendiri.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman terbang dengan paralayang, tak perlu khawatir karena seorang amatir juga dapat menikmati olahraga paralayang ini. Mengapa demikian? Karena paralayang menghadirkan seorang pilot tandem Anda untuk terbang sebagai pemandu sekaligus instruktur yang akan menemani dan mengendalikan paralayang selama melayang di udara.

Pilot di sini juga merupakan ahlinya dan telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan memiliki lisensi terkait kelayakan untuk terbang menggunakan paralayang.

Sebelum lepas landas, Anda diharuskan melakukan pemanasan sederhana dan diberikan briefing oleh instruktur atau pilot tandem. Anda harus mengikuti petunjuk dan perintah dari pilot tandem saat akan lepas landas, selama terban hingga saat landing.

Semua itu untuk menjamin keselamatan selama menggunakan paralayang. Peralatan dan perlengkapan di Paralayang Puncak sudah memadai dan aman untuk terbang, seperti helm, parasut dan flight suit yang harus dikenakan untuk terbang.

Selain itu, peralatan lain seperti windmeter, alat komunikasi berupa HT, dan GPS juga menjadi peralatan pendukung. Anda akan terbang ditemani pilot tandem sekitar kurang lebih 10 sampai 15 menit dan dijamin akan ketagihan bagi yang menyukai sensasi terbang menikmati hijaunya alam Puncak Bogor.

Paralayang Puncak: Sensasi Terbang melayang dan Tak Terlupakan di Udara

paragliding-puncak

Anda dapat merasakan sensasi serunya melayang di udara selama beberapa menit saja. Apabila kondisi angin tidak kencang, sesuai dengan kecepatan angin yang diharapkan dan tidak hujan maka Anda dapat langsung mengudara. Sementara jika kondisi tidak memungkinkan jangan memaksakan diri dan tunggulah selama beberapa saat.

Paralayang dapat dicoba oleh semua orang berusia 14-60 tahun. Bagi yang berada di bawah 18 tahun harus mendapatkan izin dari orang tua terlebih dahulu.

Selain itu, pengunjung yang ingin mencoba olahraga ini harus sehat jasmani dan rohani serta tidak mengidap penyakit jantung atau epilepsi. Berat badan Anda juga tidak boleh melebihi 85 kg dan pastikan Anda tidak takut ketinggian.

Beberapa tips yang dapat diterapkan jika ingin mengudara menggunakan paralayang yaitu menggunakan sepatu olahraga atau sepatu dengan leher yang panjang, gunakan celana yang nyaman terutama bagi wanita jangan menggunakan rok, kondisi badan harus fit terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen Anda selama terbang.

Jika menggunakan kamera dari ponsel Anda, maka pastikan diletakkan seaman mungkin dan mudah untuk diraih. Selama terbang, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata berupa hijaunya dan indahnya Puncak Bogor dari ketinggian kurang lebih 1250 mdpl.

Angin yang sejuk dan tenang juga menemani perjalanan Anda di udara yang dijamin tidak akan membosankan bahkan mampu membuat ketagihan. 

Berwisata dengan olahraga unik dan tak biasa bernama paralayang memang menjadi kegiatan tak terlupakan untuk menikmati liburan atau waktu luang Anda.

Anda juga dapat menikmati wisata lain di sekitar lokasi paralayang seperti Bukit Gantole sebagai alternatif lain untuk menikmati pemandangan. Berolahraga sekaligus berwisata yang mengesankan dapat diperoleh melalui Paralayang Puncak.

Tinggalkan komentar